Saatnya Menulis

Banyak orang telah terhibur dengan ide menjadi seorang penulis. Mereka merasakan semangat untuk menulis. Mereka memiliki ide best-seller. Mereka ingin berbagi pengetahuan khusus mereka dengan seluruh dunia. Namun tahun-tahun berlalu dan tidak ada yang terjadi. Mengapa? Alasannya hampir selalu sama: mereka tidak punya waktu untuk menulis.
Apakah Anda ingin menulis fiksi, artikel majalah, drama, sandiwara, buku non-fiksi, cerita anak-anak, skrip film, skrip radio, atau tulisan komersial, satu hal yang pasti: jika Anda ingin menjadi penulis yang sukses, Anda harus menulis.
Hanya ada 24 jam dalam sehari dan kebanyakan dari kita menjalani gaya hidup sibuk yang menyisakan sedikit waktu untuk kemewahan seperti duduk untuk menulis. Keluarga dan pekerjaan biasanya didahulukan, dan pada saat piring telah dicuci dan anak-anak ditidurkan, kemungkinan Anda sendiri kelelahan dan menulis harus ditunda sampai lain waktu.
Tetapi jika menulis penting bagi Anda, maka Anda harus disiplin slot online dan memutuskan bagaimana Anda ingin membagi waktu. Anda harus menganalisis gaya hidup Anda dan mencoret beberapa hal dari daftar Anda untuk meluangkan waktu untuk tujuan pribadi Anda.
Dan itu tidak sesulit yang Anda bayangkan.
BAGAIMANA MEMBUAT WAKTU
Jika ragu, hentikan
Catat aktivitas harian Anda secara detail selama seminggu. Lihatlah daftarnya dan hilangkan aktivitas-aktivitas yang tidak memberikan kontribusi positif bagi hidup Anda. Salah satu kegiatan yang jelas terlihat adalah menonton televisi. Jika Anda harus menontonnya, setidaknya cobalah memotong waktu yang dihabiskan untuk itu. Tonton selama satu jam, bukan dua, dan Anda akan memiliki tujuh jam lagi untuk menulis setiap minggu. Jangan menontonnya sama sekali dan Anda akan memiliki empat belas jam ekstra!
Jika Anda menghabiskan waktu lama untuk bergosip dengan teman di telepon, coba kurangi dan gunakan email untuk tetap berhubungan. Saya tidak menyarankan Anda untuk memutuskan semua kontak dengan teman-teman Anda, tetapi jika Anda ingin menjadi penulis yang sukses, Anda harus mengorbankan sebagian dari waktu bergosip itu.
Keluar dari kebiasaan
Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang menjalani hari-hari mereka dengan hafalan? Bangun jam 7.30 pagi, sarapan jam 8.00 pagi, berangkat kerja jam 8.30 pagi, kerja sampai jam 18.30, makan malam dan TV sampai 9.30 malam, nonton berita jam 10 malam dan tidur jam 10.30 malam? Apakah Anda mengikuti jadwal yang sama hampir setiap hari? Apakah Anda menghabiskan banyak waktu melakukan sesuatu karena Anda selalu melakukannya, bukan karena Anda menikmatinya atau itu memberikan kontribusi positif bagi kualitas hidup Anda?
Jika itu terdengar seperti Anda, cobalah istirahat dari rutinitas yang Anda tetapkan dan kaget dengan berapa banyak waktu ekstra yang Anda miliki. Misalnya, Anda tidak ‘harus’ menonton berita jam 10 setiap malam. Jika Anda melewatkannya selama dua malam dalam seminggu, Anda akan menciptakan waktu menulis untuk diri sendiri. Mungkin Anda salah satu dari mereka yang bisa menulis dengan radio di latar belakang. Dalam hal ini, dengarkan berita di radio saat Anda sedang menulis dan bunuh dua burung dengan satu batu.
Kurang tidur
Jika Anda termasuk orang yang suka bangun pagi, bangunlah satu jam lebih awal. Jika Anda suka tidur, tidurlah satu jam kemudian. Pilih waktu di mana Anda merasa paling kreatif.
Gunakan jam makan siang Anda
Namun, jangan menulis di meja Anda karena Anda mungkin akan terganggu oleh aktivitas kantor atau diganggu oleh atasan Anda tentang laporan penting itu. Melarikan diri ke belakang mobil Anda, kafe atau taman untuk menulis Anda, di mana saja di mana Anda tidak akan diganggu untuk sementara waktu.
Jika Anda bekerja di dekat perpustakaan maka Anda beruntung. Anda dapat menggunakan jam makan siang Anda untuk melakukan penelitian untuk tulisan Anda. Saat ini sebagian besar perpustakaan memiliki fasilitas internet sehingga Anda juga dapat melakukan penelitian secara online.
Gunakan waktu perjalanan Anda
Jika Anda naik kereta atau bus ke tempat kerja, gunakan waktu itu secara produktif daripada melihat ke luar jendela. Bawalah buku catatan setiap saat untuk menuliskan ide atau bahkan menulis bab berikutnya. Atau cetak beberapa halaman tulisan Anda untuk diedit selama ini. Lihatlah sesama penumpang Anda untuk mendapatkan ide: salah satunya mungkin karakter yang sempurna untuk novel Anda.
Jika Anda berkendara ke tempat kerja, investasikan pada perekam genggam. Anda dapat menggunakannya untuk merekam ide, atau untuk mendiktekan tulisan Anda. Kemudian ketika Anda sampai di rumah yang harus Anda lakukan adalah memutarnya kembali dan mengetiknya di komputer.